Wednesday, July 14, 2010

Istilah-istilah populer dalam dunia IT

Banyak istilah-istilah dalam dunia IT, berikut adalah beberapa istilah populer dalam dunia IT:

-Packet Switching: Sebuah metode yang digunakan untuk memindahkan data dalam jaringan internet. Dalam packet switching, seluruh paket data yang dikirim dari sebuah node akan dipecah menjadi beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keterangan mengenai asal dan tujuan dari paket data tersebut. Hal ini memungkinkan sejumlah besar potongan-potongan data dari berbagai sumber dikirimkan secara bersamaan melalui saluran yang sama, untuk kemudian diurutkan dan diarahkan ke rute yang berbeda melalui router.

-Gateway: Istilah gateway merujuk kepada hardware atau software yang menjembatani dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer antar komputer yang berbeda-beda. Salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada email, sehingga pertukaran email dapat dilakukan sistem yang berbeda.

-World Wide Web (WWW): Bisa disebut Web saja, yaitu sebuah sistem dimana sebuah informasi dapat berbentuk teks, gambar, suara dan lain-lain yang dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi di Web pada umumnya ditulis dalam format HTML.

-Black Hole: Black Hole atau Lubang Hitam ataupun medan gravitasi yang sangat kuat namun merupakan suatu area yang tidak terjangkau dan tidak dapat dilihat oleh mata telanjang. Dalam dunia IT, Black Hole sendiri adalah penelusuran keberadaan user dalam suatu jaringan yang tidak dapat diketahui ataupun terdeteksi oleh user lainnya. Seperti halnya blog ini yang berisikan berbagai artikel maupun pesan akan melalui Black Hole yang tidak dapat dijangkau oleh user lain dan tidak dapat dilacak karena tidak dapat terdeteksi oleh server.

-FIREWALL: Firewall dirancang untuk menjaga sistem komputer dari akses pihak luar yang tidak berhak. Firewall dapat diimplementasikan dalam hardware, software, atau gabungan keduanya. Firewall banyak digunakan untuk menjaga pengguna Internet yang tidak berhak mengakses jaringan privat yang terhubung Internet, khususnya Intranet.
Sebuah perusahaan dengan Intranet yang membolehkan pekerjanya mengakses Internet biasanya menginstal firewall untuk menjaga sumberdaya data dari akses pihak luar dan mengontrol sumber daya luar yang dapat diakses oleh pekerja. Semua pesan yang masuk dan keluar intranet melewati firewall yang akan memeriksa apakah setiap pesan yang tidak sesuai dengan kriteria keamanan sistem.

-Cache Memory: Sebuah subsistem memori khusus ke tempat mana nilai-nilai data seringkali digunakan ganda untuk akses cepat. Cache memory menyimpan isi lokasi RAM yang sering diakses dan merupakan alamat penyimpanan item data. Atau dengan kata lain tempat penyimpanan sementara di memori komputer yang digunakan untuk menduplikasikan agar akses lebih cepat.

-Desktop Publishing: Proses membuat dokumen cetakan yang seolah-olah dihasilkan secara profesional, meskipun sesungguhnya hanya menggunakan sebuah komputer PC yang dapat mengoperasikan teks dan grafik dan dapat dicetak pada printer berkualitas tinggi.

No comments:

Post a Comment