Wednesday, August 18, 2010

Bila Presiden memberikan tanggung jawab kepada saya untuk membenahi Sistem Informasi Nasional dengan anggaran 1 triliyun

Wow, uang yang sangat banyak ya, hehehe, ok, apabila presiden memberikan tanggung jawab kepada saya(diberi kuasa penuh) untuk membenahi Sistem Informasi Nasional dengan anggaran "awal" 1 triliyun, mungkin ada beberapa langkah awal yang saya akan jalankan untuk membenahi SIN, tentu saya akan menjelaskan apa yang ada dalam pikiran saya(klo sedikit aneh maaf ya, hehehe). Ok,pertama-tama saya akan menemui menteri komunikasi dan informasi dengan agenda mendiskusikan sejauh mana ketersediaan sistem informasi di indonesia sejauh ini, kemudian mendiskusikan dengan menkominfo pihak-pihak mana saja yang harus diminta koordinasinya agar program pembenahan Sistem Informasi nasional ini dapat berjalan dengan baik. Kemudian, saya akan membuka tender pengadaan barang untuk seluruh keperluan alat-alat yang diperlukan untuk mendukung Sistem informasi nasional berjalan baik, oh iya juga tidak lupa untuk berkoordinasi juga dengan KPK yang berperan mencegah maupun menindak tindak KKN, hehehe, karena sudah menjadi rahasia umum hampir seluruh proyek yang dijalankan pemerintah tidak lepas dari praktek KKN, jadi kalau sampai ada pelanggaran hukum bisa langsung segera ditindak, nah setelah seluruh alat-alat pendukung SIN telah lengkap semua, maka saya berkoordinasi juga dengan Mendagri dan meminta bantuannya untuk memanggil seluruh kepala daerah untuk memberikan sosialisasi tentang program pembenahan Sistem Informasi Nasional, setelah hal itu dilakukan, maka dengan sesegera mungkin dilakukan pemerataan jaringan internet di seluruh indonesia karena menurut saya, dengan adanya pemerataan jaringan ini maka rakyat bisa lebih mudah mendapat informasi yang akurat dan terpadu yang dikelola oleh pemerintah, lalu saya akan menyeleksi SDM yang capable untuk melakukan pengelolaan SIN ini, nah Data pertama yang saya kira sangat penting yaitu mengenai data kependudukan.Data yang lain bukannya tidak penting loh tapi mengingat penduduk indonesia itu sudah mencapai 250 juta jiwa lebih, maka dengan terkelolanya sistem informasi kependudukan nasional dengan baik maka mengelola data-data yang lain secara nasional akan menjadi lebih mudah, tapi ini jg tidak lepas dari koordinasi dengan mendagri ya, yang kemudian saya akan memerintahkan tim yang sudah saya seleksi untuk mengelola SIN ini untuk membuatkan sistem informasi tentang kependudukan yang nantinya akan sangat berguna untuk menyimpan dan menyediakan data seluruh warga negara yang dikelola secara nasional secara detail, detail yang saya maksud disini adalah data setiap individu warga negara bersifat valid dan yang sebenar-benarnya dan didalamnya terdapat data warga negara yang berisi data diri seperti tempat tgl lahir dan lain2. Maka dengan terkelolanya data kependudukan secara nasional ini dengan baik maka udah ngga ada lagi tuh yang namanya orang punya KTP lebih dari satu, karena data dirinya sudah valid dan terdaftar secara nasional, mmhhmm, lalu saya akan meminta tim saya tadi untuk membuatkan sistem informasi untuk seluruh departemen yang bersifat nasional baik data maupun pelayanannya, tidak semua data akan tershare secara nasional tentunya, saya akan memberikan pengecualian kepada departemen pertahanan karena, ini merupakan data negara yang sifatnya sangat rahasia, bisa gawat apabila data ini sampai tershare ke seluruh warga negara, jadi sistem informasi yang dimiliki oleh DEPHAN hanya bisa diakses secara terbatas dan hanya untuk orang yang berkepentingan di bidang pertahanan itu sendiri, apabila semua hal diatas telah berjalan dengan baik, maka saya akan meminta bantuan kepada menkumham yang juga dikoordinasikan dengan DPR untuk dibuatkan undang-undang mengenai data, hal ini saya rasa sangat penting karena semakin data itu terkelola dengan baik maka semakin besar pula kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab untuk mengganggunya. Saya rasa itulah yang akan saya lakukan apabila Presiden memberikan kepercayaan kepada saya untuk mengelola Sistem Informasi Nasional. hal-hal diatas merupakan pemikiran yang ada dibenak saya, jadi kalau kurang perfect ya mohon maaf deh namanya juga pemikiran sendiri, tentunya setiap orang mempunyai pemikirang yang beda-beda kan, hehe.

No comments:

Post a Comment